Jumat, 18 Maret 2011

Harga Nilam Anjlok, Sere naik

Fri, Feb 4th 2011, 09:06

BLANGKEJEREN - Harga komoditas unggulan Kabupaten Gayo Lues (Galus) berupa minyak nilam dilaporkan anjlok dari Rp 800 ribu menjadi Rp 110 ribu per kilo. Sedangkan, harga minyak sere wangi naik dari harga sebelum Rp 120 ribu menjadi Rp 125 ribu sekilo.

“Salah satu penyebab anjloknya harga nilam tersebut, karena peminat dari luar menurun. Selain itu harga masih tergantung pergerakan dolar. Padahal Kabupaten Galus, kaya dengan minyak sere dan minyak bilam, meskipun sejumlah daerah di Kabupaten di Aceh memiliki komoditas hasil minyak nilam tersebut, tetapi untuk minyak sere sepertinya Galus yang terkaya,” kata agen penampung minyak nilam di Kuta Panjang, Adam, kepada Serambi, Rabu (3/2).

Dikatakannya, dalam sebulan minyak sere bisa tertampung mencapai sekitar 7 ton lebih. Sedangkan nilam bisa tertampung hanya 1 ton per bulan. Jumlah tersebut khusus di agennya di Kuta Panjang. “Kita tetap layani masyarakat dengan baik, berapa pun jumlah minyak serenya yang akan dijual kepada agen, baik dalam jumlah skala satu kilo atau puluhan kilo, harga belinya tetap sama yaitu saat ini berkisar pada harga Rp 125 ribu perkilo,” jelas agen penampung tersebut.(c40)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar