Senin, 21 Maret 2011

Masyarakat Akul Minta Pemkab Galus Bangun Irigasi

Sun, Feb 6th 2011, 08:30

BLANGKEJEREN - Masyarakat Desa Akul, Kecamatan Blangjerango, Gayo Lues, minta Pemkab Gayo Lues (Galus) membangun irigasi agar dapat mengairi areal persawahan di desa tersebut. Selama ini puluhan hektare sawah tidak bisa difungsikan akibat tidak ada air.

Keuchik desa Akul, Muhamad, kepada Serambi kemarin, mengatakan, jumlah penduduk di Desa Akul mencapai sekitar 300 KK lebih, dari jumlah tersebut 99 persen berprofesi sebagai petani.

Katanya, luas areal persawahan warga mencapai puluhan hektare yang tidak bisa diari. Padahal, sebelumnya areal sawah itu produktif, akan tetapi sekitar dua tahun terakhir irigasi di ulu sungai tersebut telah jebol. Sehingga sawah warga tidak bisa lagi difungsikan maupun dikelola.

Hal yang sama diutarakan, Tgk Jailani tokoh masyarakat desa setempat, sudah hampir dua tahun petani tak dapat mengolah sawah karena tidak ada air.

“Diminta kepada Pemkab Gayo Lues agar bisa membangun kembali irigasi tersebut dalam waktu dekat ini,”pintanya. Menurut Tgk Jailani, ukuran irigasi yang jebol dan sangat perlu dibangun secepatnya sekitar delapan puluh meter. Selain itu masyarakat, meminta kepada Bupati Galus Ibnu Hasim, untuk membuka lahan baru di desa tersebut. Pasalnya, di desa tersebut areal persawahan warga hanya tinggal sedikit.

Menanggapi hal itu, Bupati Galus, Ibnu Hasim, berjanji akan membangun saluran irigasi tersebut pada tahun ini juga. “Diupayakan tahun ini semua areal sawah di Akul telah terairi kembali,”kata Bupati Galus Ibnu Hasim dalam kunjungan kerjanya kedesa tersebut kemarin.(c40)

Sumber : Serambinews.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar