Rabu, 10 Agustus 2011

200 Rumah Transmigrasi Tingkem Terancam Gagal

Sabtu, 16 Juli 2011 | 07:56

Gayo Lues-Usulan 200 unit pembangunan rumah transmigrasi di Desa Tingkem Kecamatan Blangjerango pada tahun 2012 mendatang, terancam gagal.
Pasalnya, hingga Jumat (15/7), usulan tersebut belum juga ada balasan. Malahan empat kabupaten lainnya yang sama mengusulkan, sudah dipanggil melalui undangan ke Dirjen Transmigrasi pusat. Hal itu dikatakan Kadis Sosial Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Idris Arlem kepada koran ini, Kamis kemarin.

Lebih lanjut Idris mengatakan, semua persyaratan untuk mendatangkan transmigrasi dari Jawa sudah dilakukan. Seperti SICA (Survey Indentifikasi Calon Areal) dan RTUPT (Rencana Teknis Unit Pemukiman Transmigrasi). Namun disayangkan pemerintah pusat kurang respon.
“Kita sudah bekerja siang malam selama dua bulan untuk menyiapkan semua kelengkapan, demi mendatangkan transmigrasi dari luar daerah 30 persen. Dan dari dalam daerah 70 persen," ujarnya.

Menurutnya, Gayo Lues masih memiliki lahan yang cukup memungkinkan sebagai lahan transmigrasi. Kabupaten Gayo Lues sebagai daerah yang baru dimekarkan, masih membutuhkan transmigrasi dari luar. Untuk memotivasi masyarakat sekitar dalam berusaha di bidang pertanian dan perkebunan. "Upayah kita mendapatkan kuota transmigrasi tahun 2012 semata –mata untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Masyarakat GayoLues sangat kecewa bila usulan pembangunan 200 unit rumah transmigrasi di Tingkem tidak diakomodir oleh Dirjen Transmigrasi Pusat. "Ini merupakan kesenjangan bagi Kabupaten Gayo Lues. Upaya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat jadi terkendala," tegasnya kecewa. (yud)

Sumber rakyataceh.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar