Senin, 08 Agustus 2011

Hutan Pinus di Gayo Lues Terbakar

15 July 2011

Blangkejeren | Harian Aceh – puluhan hektar hutan pinus yang di Gampong Penggalangan, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Rabu malam (13/7) terbakar. Angin kencang menyebabkan kebakaran cepat meluas. Diduga api berasal dari pembakaran sampah.
Sudin warga setempat kepada Harian Aceh, Kamis (14/7) mengungkapkan, kuat dugaan api berasal dari pembakaran semak-semak oleh pengembala kerbau di dekat kandang kerbau mereka. “Biasanya mereka membakar sampah dan kotoran kerbau untuk dijadikan pupuk kompos,” jelasnya.
Hutan pinus yang terbakar itu persis berada di puncak gunung Gampong Penggalangan, areal hutan pinus tersebut hanya berbatasan sugai dan sawah dengan lokasi pemukiman penduduk. “Saya berharap kepada masayarakat agar dapat berhati-hati saat melakukan pembakaran di areal hutan maupun di sekeliling rumah, supaya kenyamanan tetap terjaga,” lanjutnya. Selain hutan pinus di wilayah Penggalangan kebakaran juga diduga terjadi di beberapa titik lainnya karena asap tebal kini menyelimuti Gayo Lues semakin bertambah.(cas)

Sumber Harian Aceh.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar