Selasa, 03 Mei 2011

Lintas Blangkejeren-Pining Longsor

Sun, Mar 20th 2011, 08:47
* Transportasi Umum Lumpuh Seharian

BLANGKEJEREN - Hujan deras yang melanda Kabupaten Gayo Lues sejak sepekan terakhir selain telah menyebabkan beberapa badan jalan amblas, juga menimbulkan longsor di lintasan antara Blangkejeren dan Pining, tepatnya di kawasan Uling-uling, Kecamatan Dabun Gelang, Jumat (18/3) malam. Akibatnya arus transportasi sempat terputus selama hampir seharian penuh pada Sabtu (19/3) kemarin.

Pantauan Serambi, Sabtu (19/3) sekira pukul 13.00 WIB, material longsor sedang dibersihkan oleh petugas dari Dinas PU Galus. Meskipun, hingga sore kemairn angkutan umum Blangkejeren-Pining masih lumpuh total, namun sejumlah kendaraan pribadi berbadab kecil sudah bisa melintasi jalan tersebut.

Sejumlah warga setempat yang ditanyai Serambi, kemarin mengatakan, satu unit alat berat telah diturunkan ke lokasi untuk melakukan penggerukan dan pembersihan material longsor. “Transportasi umum Blangkejeren-Pining pada hari Sabtu (19/3) lumpuh total, kecuali hanya sejumlah kendaraan pribadi yang lewat, setelah material longsor itu dibersihkan,” kata seorang warga setempat.

Ruas jalan Blangkejeren-Pining merupakan lintasan jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Gayo Lues tembus ke Lokop Kabupaten Aceh Timur.

Amblas
Sejumlah sopir bus trayek Blangkejeren-Takengon (Aceh Tenggah) kepada Serambi, melaporkan, masih ada beberapa titik di lintasan Blangkejeren-Pining yang rawan longsor. Sementara ruas jalan yang amblas di kawasan Desa Kendawi, Kecamatan Blangkejeren sejak sepekan lalu sangat menggangu pemakai jalan. Kendati demikian belum ada upaya perbaikan oleh intansi terkait.

Begitu juga halnya dengan ruas jalan Blangkejeren-Terangun, maupun Blangkejeren-Kuta Panjang yang juga amblas sepekan yang lalu belum ada penangan serius dari intansi terkait. “Diharapkan intansi terkait agar memperhatian hal tersebut, sebelum menelan korban kecelakaan yang lebih banyak lagi,” pinta Duan, warga Kuta Panjang.(c40)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar