Senin, 18 April 2011

Tahun 2010, Rp 6 M Terserap untuk Program Gemasih

Thu, Mar 10th 2011, 08:08

BLANGKEJEREN - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gayo Lues, Ir Amarullah Leman, Rabu (9/3) mengatakan, pada tahun 2010 lalu, program Gerakan Masyarakat Petani Sejahtera (Gemasih) telah menyerap dana senilai Rp 6 miliar lebih yang bersumber dari APBK Galus, dengan luas lahan yang ditargetkan seluas 2.000 hektare (Ha). Dari luas lahan yang ditargetkan tersebut hanya dapat dikelola sekitar 1.903 Ha.

Sseharusnya, kata Amarullah, dana yang sudah disalurkan kepada kelompok tani itu setelah berhasil dan tanaman jagung panen, harus dikembalika ke kas program Gemasih. Namun, sampai saat ini dana yang sudah dikembalikan belum mencapai satu miliar pun. Padahal rata-rata kelompok tani dari program Gemasih itu sudah lama menyelesaikan. “Pihaknya terus mengingatkan para petani, agar dana itu segera dikembalikan,” kata Amarullah Leman.

Dari luas lahan yang ditetapkan dalam juklak (petunjuk pelaksanaan) semestinya dalam satu hektar diberikan modal pengelolaan lahan senilai Rp 6 juta per hektar, tetapi yang diberikan Rp 5 juta per hektare kepada setiap petani jagung peserta program Gemasih tersebut.

Tidak semua kelompok tani dari program Gemasih berhasil panen, sebagian besar gagal sama sekali akibat gangguan ternak dan gangguan hama babi dan kera. Sementara yang berhasil panen memperoleh hasil antara 5,5 ton hingga 12 ton per hektare.

Ia berharap, melalui program Gemasih yang menggalakan tanaman jagung tersebut ke depan masyarakat terus menggalakan tanaman muda itu dan memanfaatkan lahan-lahan tidur yang tidak diolah selama ini.(c40)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar